PEMETAAN SUB-ELEMEN PROFIL PELAJAR PANCASILA
Dimensi | Elemen | Subelemen |
Berkebinekaan global | Mengenal dan menghargai budaya | Mendalami budaya dan identitas budaya |
Mengeksplorasi dan membandingkan pengetahuan budaya, kepercayaan, serta praktiknya | ||
Menumbuhkan rasa menghormati terhadap keanekaragaman budaya | ||
Komunikasi dan interaksi antar budaya | Berkomunikasi antar budaya | |
Mempertimbangkan dan menumbuhkan berbagai perspektif | ||
Refleksi dan tanggung jawab terhadap pengalaman kebinekaan | Refleksi terhadap pengalaman kebinekaan | |
Menghilangkan stereotip dan prasangka | ||
Menyelaraskan perbedaan budaya | ||
Berkeadilan sosial | Aktif membangun masyarakat yang inklusif, adil, dan berkelanjutan | |
Berpartisipasi dalam proses pengambilan keputusan bersama | ||
Memahami peran individu dalam demokrasi | ||
Subelemen | Di Akhir Fase D (Kelas VII - IX, usia 13-15 tahun) |
Mendalami budaya dan identitas budaya | memahami perubahan budaya seiring waktu dan sesuai konteks, baik dalam skala lokal, regional, dan nasional. Menjelaskan identitas diri yang terbentuk dari budaya bangsa. |
Mengeksplorasi dan membandingkan pengetahuan budaya, kepercayaan, serta praktiknya | Memahami dinamika budaya yang mencakup pemahaman, kepercayaan, dan praktik keseharian dalam konteks personal dan sosial. |
Menumbuhkan rasa menghormati terhadap keanekaragaman budaya | Memahami pentingnya melestarikan dan merayakan tradisi budaya untuk mengembangkan identitas pribadi, sosial, dan bangsa Indonesia serta mulai berupaya melestarikan budaya dalam kehidupan sehari-hari. |
Berkomunikasi antar budaya | Mengeksplorasi pengaruh budaya terhadap penggunaan bahasa serta dapat mengenali risiko dalam berkomunikasi antar budaya. |
Mempertimbangkan dan menumbuhkan berbagai perspektif | Menjelaskan asumsi-asumsi yang mendasari perspektif tertentu. Memperkirakan dan mendeskripsikan perasaan serta motivasi komunitas yang berbeda dengan dirinya yang berada dalam situasi yang sulit. |
Refleksi terhadap pengalaman kebinekaan | Merefleksikan secara kritis gambaran berbagai kelompok budaya yang ditemui dan cara meresponnya. |
Menghilangkan stereotip dan prasangka | Mengkonfirmasi, mengklarifikasi dan menunjukkan sikap menolak stereotip serta prasangka tentang gambaran identitas kelompok dan suku bangsa. |
Menyelaraskan perbedaan budaya | Mengidentifikasi dan menyampaikan isu-isu tentang penghargaan terhadap keragaman dan kesetaraan budaya. |
Aktif membangun masyarakat yang inklusif, adil, dan berkelanjutan | Mengidentifikasi masalah yang ada di sekitarnya sebagai akibat dari pilihan yang dilakukan oleh manusia, serta dampak masalah tersebut terhadap sistem ekonomi, sosial dan lingkungan, serta mencari solusi yang memperhatikan prinsip-prinsip keadilan terhadap manusia, alam dan masyarakat. |
Berpartisipasi dalam proses pengambilan keputusan bersama | Berpartisipasi dalam menentukan kriteria dan metode yang disepakati bersama untuk menentukan pilihan dan keputusan untuk kepentingan bersama melalui proses bertukar pikiran secara cermat dan terbuka dengan panduan pendidik |
Memahami peran individu dalam demokrasi | Memahami konsep hak dan kewajiban serta implikasinya terhadap ekspresi dan perilakunya. Mulai aktif mengambil sikap dan langkah untuk melindungi hak orang/kelompok lain. |