*Warna Kuning: Sudah dilaksanakan.
PEMETAAN SUB-ELEMEN PROFIL PELAJAR PANCASILA | ||||
Dimensi | Elemen | Subelemen | Di Akhir Fase D (Kelas VII - IX, usia 13-15 tahun) | |
1 Beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia | Akhlak beragama | Mengenal dan mencintai Tuhan Yang Maha Esa | 1 | Memahami kehadiran Tuhan dalam kehidupan sehari-hari serta mengaitkan pemahamannya tentang kualitas atau sifat-sifat Tuhan dengan konsep peran manusia di bumi sebagai makhluk Tuhan yang bertanggung jawab. |
Pemahaman agama/kepercayaan | 2 | Memahami makna dan fungsi, unsur-unsur utama agama /kepercayaan dalam konteks Indonesia, membaca kitab suci, serta memahami ajaran agama/ kepercayaan terkait hubungan sesama manusia dan alam semesta. | ||
Pelaksanaan ritual ibadah | 3 | Melaksanakan ibadah secara rutin dan mandiri sesuai dengan tuntunan agama/kepercayaan, serta berpartisipasi pada perayaan hari-hari besar. | ||
Akhlak pribadi | Integritas | 4 | Berani dan konsisten menyampaikan kebenaran atau fakta serta memahami konsekuensikonsekuensinya untuk diri sendiri dan orang lain. | |
Merawat diri secara fisik, mental, dan spiritual | 5 | Mengidentifikasi pentingnya menjaga keseimbangan kesehatan jasmani, mental, dan rohani serta berupaya menyeimbangkan aktivitas fisik, sosial dan ibadah. | ||
Akhlak kepada manusia | Mengutamakan persamaan dengan orang lain dan menghargai perbedaan | 6 | Mengenal perspektif dan emosi/perasaan dari sudut pandang orang atau kelompok lain yang tidak pernah dijumpai atau dikenalnya. Mengutamakan persamaan dan menghargai perbedaan sebagai alat pemersatu dalam keadaan konflik atau perdebatan. | |
Berempati kepada orang lain | 7 | Mengenal perspektif dan emosi/perasaan dari sudut pandang orang atau kelompok lain yang tidak pernah dijumpai atau dikenalnya. Mengutamakan persamaan dan menghargai perbedaan sebagai alat pemersatu dalam keadaan konflik atau perdebatan. | ||
Akhlak kepada alam | Memahami keterhubungan ekosistem Bumi | 8 | Memahami konsep sebab-akibat di antara berbagai ciptaan Tuhan dan mengidentifikasi berbagai sebab yang mempunyai dampak baik atau buruk, langsung maupun tidak langsung, terhadap alam semesta. | |
Menjaga lingkungan alam sekitar | 9 | Mewujudkan rasa syukur dengan berinisiatif untuk menyelesaikan permasalahan lingkungan alam sekitarnya dengan mengajukan alternatif solusi dan mulai menerapkan solusi tersebut. | ||
Akhlak bernegara | Melaksanakan hak dan kewajiban sebagai warga negara Indonesia | 10 | Menganalisis peran, hak, dan kewajiban sebagai warga negara, memahami perlunya mengutamakan kepentingan umum di atas kepentingan pribadi sebagai wujud dari keimanannya kepada Tuhan YME. | |
Dimensi | Elemen | Subelemen | Di Akhir Fase D (Kelas VII - IX, usia 13-15 tahun) | |
2 Berkebinekaan global | Mengenal dan menghargai budaya | Mendalami budaya dan identitas budaya | 11 | memahami perubahan budaya seiring waktu dan sesuai konteks, baik dalam skala lokal, regional, dan nasional. Menjelaskan identitas diri yang terbentuk dari budaya bangsa. |
Mengeksplorasi dan membandingkan pengetahuan budaya, kepercayaan, serta praktiknya | 12 | Memahami dinamika budaya yang mencakup pemahaman, kepercayaan, dan praktik keseharian dalam konteks personal dan sosial. | ||
Menumbuhkan rasa menghormati terhadap keanekaragaman budaya | 13 | Memahami pentingnya melestarikan dan merayakan tradisi budaya untuk mengembangkan identitas pribadi, sosial, dan bangsa Indonesia serta mulai berupaya melestarikan budaya dalam kehidupan sehari-hari. | ||
Komunikasi dan interaksi antar budaya | Berkomunikasi antar budaya | 14 | Mengeksplorasi pengaruh budaya terhadap penggunaan bahasa serta dapat mengenali risiko dalam berkomunikasi antar budaya. | |
Mempertimbangkan dan menumbuhkan berbagai perspektif | 15 | Menjelaskan asumsi-asumsi yang mendasari perspektif tertentu. Memperkirakan dan mendeskripsikan perasaan serta motivasi komunitas yang berbeda dengan dirinya yang berada dalam situasi yang sulit. | ||
Refleksi dan tanggung jawab terhadap pengalaman kebinekaan | Refleksi terhadap pengalaman kebinekaan | 16 | Merefleksikan secara kritis gambaran berbagai kelompok budaya yang ditemui dan cara meresponnya. | |
Menghilangkan stereotip dan prasangka | 17 | Mengkonfirmasi, mengklarifikasi dan menunjukkan sikap menolak stereotip serta prasangka tentang gambaran identitas kelompok dan suku bangsa. | ||
Menyelaraskan perbedaan budaya | 18 | Mengidentifikasi dan menyampaikan isu-isu tentang penghargaan terhadap keragaman dan kesetaraan budaya. | ||
Berkeadilan sosial | Aktif membangun masyarakat yang inklusif, adil, dan berkelanjutan | 19 | Mengidentifikasi masalah yang ada di sekitarnya sebagai akibat dari pilihan yang dilakukan oleh manusia, serta dampak masalah tersebut terhadap sistem ekonomi, sosial dan lingkungan, serta mencari solusi yang memperhatikan prinsip-prinsip keadilan terhadap manusia, alam dan masyarakat. | |
Berpartisipasi dalam proses pengambilan keputusan bersama | 20 | Berpartisipasi dalam menentukan kriteria dan metode yang disepakati bersama untuk menentukan pilihan dan keputusan untuk kepentingan bersama melalui proses bertukar pikiran secara cermat dan terbuka dengan panduan pendidik | ||
Memahami peran individu dalam demokrasi | 21 | Memahami konsep hak dan kewajiban serta implikasinya terhadap ekspresi dan perilakunya. Mulai aktif mengambil sikap dan langkah untuk melindungi hak orang/kelompok lain. | ||
Dimensi | Elemen | Subelemen | Di Akhir Fase D (Kelas VII - IX, usia 13-15 tahun) | |
3 Bergotong-royong | Kolaborasi | Kerja sama | 22 | Menyelaraskan tindakan sendiri dengan tindakan orang lain untuk melaksanakan kegiatan dan mencapai tujuan kelompok di lingkungan sekitar, serta memberi semangat kepada orang lain untuk bekerja efektif dan mencapai tujuan bersama. |
Komunikasi untuk mencapai tujuan bersama | 23 | Memahami informasi, gagasan, emosi, keterampilan dan keprihatinan yang diungkapkan oleh orang lain menggunakan berbagai simbol dan media secara efektif, serta memanfaatkannya untuk meningkatkan kualitas hubungan interpersonal guna mencapai tujuan bersama. | ||
Saling-ketergantungan positif | 24 | Mendemonstrasikan kegiatan kelompok yang menunjukkan bahwa anggota kelompok dengan kelebihan dan kekurangannya masing- masing perlu dan dapat saling membantu memenuhi kebutuhan. | ||
Koordinasi sosial | 25 | Membagi peran dan menyelaraskan tindakan dalam kelompok serta menjaga tindakan agar selaras untuk mencapai tujuan bersama. | ||
Kepedulian | Tanggap terhadap lingkungan sosial | 26 | Tanggap terhadap lingkungan sosial sesuai dengan tuntutan peran sosialnya dan berkontribusi sesuai dengan kebutuhan masyarakat. | |
Persepsi sosial | 27 | Menggunakan pengetahuan tentang sebab dan alasan orang lain menampilkan reaksi tertentu untuk menentukan tindakan yang tepat agar orang lain menampilkan respon yang diharapkan. | ||
Berbagi | 28 | Mengupayakan memberi hal yang dianggap penting dan berharga kepada masyarakat yang membutuhkan bantuan di sekitar tempat tinggal | ||
Dimensi | Elemen | Subelemen | Di Akhir Fase D (Kelas VII - IX, usia 13-15 tahun) | |
4 Mandiri | PPemahaman diri dan situasi yang dihadapi | Mengenali kualitas dan minat diri serta tantangan yang dihadapi | 29 | Membuat penilaian yang realistis terhadap kemampuan dan minat , serta prioritas pengembangan diri berdasarkan pengalaman belajar dan aktivitas lain yang dilakukannya. |
Mengembangkan refleksi diri | 30 | Memonitor kemajuan belajar yang dicapai serta memprediksi tantangan pribadi dan akademik yang akan muncul berlandaskan pada pengalamannya untuk mempertimbangkan strategi belajar yang sesuai. | ||
Regulasi diri | Regulasi emosi | 31 | Memahami dan memprediksi konsekuensi dari emosi dan pengekspresiannya dan menyusun langkah-langkah untuk mengelola emosinya dalam pelaksanaan belajar dan berinteraksi dengan orang lain. | |
Penetapan tujuan belajar, prestasi, dan pengembangan diri serta rencana strategis untuk mencapainya | 32 | Merancang strategi yang sesuai untuk menunjang pencapaian tujuan belajar, prestasi, dan pengembangan diri dengan mempertimbangkan kekuatan dan kelemahan dirinya, serta situasi yang dihadapi. | ||
Menunjukkan inisiatif dan bekerja secara mandiri | 33 | Mengkritisi efektivitas dirinya dalam bekerja secara mandiri dengan mengidentifikasi hal-hal yang menunjang maupun menghambat dalam mencapai tujuan. | ||
Mengembangkan pengendalian dan disiplin diri | 34 | Berkomitmen dan menjaga konsistensi pencapaian tujuan yang telah direncanakannya untuk mencapai tujuan belajar dan pengembangan diri yang diharapkannya | ||
Percaya diri, tangguh (resilient), dan adaptif | 35 | Membuat rencana baru dengan mengadaptasi, dan memodifikasi strategi yang sudah dibuat ketika upaya sebelumnya tidak berhasil, serta menjalankan kembali tugasnya dengan keyakinan baru. | ||
Dimensi | Elemen | Subelemen | Di Akhir Fase D (Kelas VII - IX, usia 13-15 tahun) | |
5 Bernalar kritis | Memperoleh dan memproses informasi dan gagasan | Mengajukan pertanyaan | 36 | Mengajukan pertanyaan untuk klarifikasi dan interpretasi informasi, serta mencari tahu penyebab dan konsekuensi dari informasi tersebut. |
Mengidentifikasi, mengklarifikasi, dan mengolah informasi dan gagasan | 37 | Mengidentifikasi, mengklarifikasi, dan menganalisis informasi yang relevan serta memprioritaskan beberapa gagasan tertentu. | ||
Menganalisis dan mengevaluasi penalaran | Menganalisis dan mengevaluasi penalaran dan prosedurnya | 38 | Menalar dengan berbagai argumen dalam mengambil suatu simpulan atau keputusan. | |
Refleksi pemikiran dan proses berpikir | Merefleksi dan mengevaluasi pemikirannya sendiri | 39 | Menjelaskan asumsi yang digunakan, menyadari kecenderungan dan konsekuensi bias pada pemikirannya, serta berusaha mempertimbangkan perspektif yang berbeda. | |
Dimensi | Elemen | Subelemen | Di Akhir Fase D (Kelas VII - IX, usia 13-15 tahun) | |
6 Kreatif | Menghasilkan gagasan yang orisinal | - | 40 | Menghubungkan gagasan yang ia miliki dengan informasi atau gagasan baru untuk menghasilkan kombinasi gagasan baru dan imajinatif untuk mengekspresikan pikiran dan/atau perasaannya. |
Menghasilkan karya dan tindakan yang orisinal | - | 41 | Mengeksplorasi dan mengekspresikan pikiran dan/atau perasaannya dalam bentuk karya dan/atau tindakan, serta mengevaluasinya dan mempertimbangkan dampaknya bagi orang lain | |
Memiliki keluwesan berpikir dalam mencari alternatif solusi permasalahan | - | 42 | Menghasilkan solusi alternatif dengan mengadaptasi berbagai gagasan dan umpan balik untuk menghadapi situasi dan permasalahan | |