PEMETAAN SUB-ELEMEN PROFIL PELAJAR PANCASILA
Dimensi | Elemen | Subelemen |
Beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia | Akhlak beragama | Mengenal dan mencintai Tuhan Yang Maha Esa |
Pemahaman agama/kepercayaan | ||
Pelaksanaan ritual ibadah | ||
Akhlak pribadi | Integritas | |
Merawat diri secara fisik, mental, dan spiritual | ||
Akhlak kepada manusia | Mengutamakan persamaan dengan orang lain dan menghargai perbedaan | |
Berempati kepada orang lain | ||
Akhlak kepada alam | Memahami keterhubungan ekosistem Bumi | |
Menjaga lingkungan alam sekitar | ||
Akhlak bernegara | Melaksanakan hak dan kewajiban sebagai warga negara Indonesia | |
Lanjutan
Subelemen | Di Akhir Fase D (Kelas VII - IX, usia 13-15 tahun) |
Mengenal dan mencintai Tuhan Yang Maha Esa | Memahami kehadiran Tuhan dalam kehidupan sehari-hari serta mengaitkan pemahamannya tentang kualitas atau sifat-sifat Tuhan dengan konsep peran manusia di bumi sebagai makhluk Tuhan yang bertanggung jawab. |
Pemahaman agama/kepercayaan | Memahami makna dan fungsi, unsur-unsur utama agama /kepercayaan dalam konteks Indonesia, membaca kitab suci, serta memahami ajaran agama/ kepercayaan terkait hubungan sesama manusia dan alam semesta. |
Pelaksanaan ritual ibadah | Melaksanakan ibadah secara rutin dan mandiri sesuai dengan tuntunan agama/kepercayaan, serta berpartisipasi pada perayaan hari-hari besar. |
Integritas | Berani dan konsisten menyampaikan kebenaran atau fakta serta memahami konsekuensikonsekuensinya untuk diri sendiri dan orang lain. |
Merawat diri secara fisik, mental, dan spiritual | Mengidentifikasi pentingnya menjaga keseimbangan kesehatan jasmani, mental, dan rohani serta berupaya menyeimbangkan aktivitas fisik, sosial dan ibadah. |
Mengutamakan persamaan dengan orang lain dan menghargai perbedaan | Mengenal perspektif dan emosi/perasaan dari sudut pandang orang atau kelompok lain yang tidak pernah dijumpai atau dikenalnya. Mengutamakan persamaan dan menghargai perbedaan sebagai alat pemersatu dalam keadaan konflik atau perdebatan. |
Berempati kepada orang lain | Mengenal perspektif dan emosi/perasaan dari sudut pandang orang atau kelompok lain yang tidak pernah dijumpai atau dikenalnya. Mengutamakan persamaan dan menghargai perbedaan sebagai alat pemersatu dalam keadaan konflik atau perdebatan. |
Memahami keterhubungan ekosistem Bumi | Memahami konsep sebab-akibat di antara berbagai ciptaan Tuhan dan mengidentifikasi berbagai sebab yang mempunyai dampak baik atau buruk, langsung maupun tidak langsung, terhadap alam semesta. |
Menjaga lingkungan alam sekitar | Mewujudkan rasa syukur dengan berinisiatif untuk menyelesaikan permasalahan lingkungan alam sekitarnya dengan mengajukan alternatif solusi dan mulai menerapkan solusi tersebut. |
Melaksanakan hak dan kewajiban sebagai warga negara Indonesia | Menganalisis peran, hak, dan kewajiban sebagai warga negara, memahami perlunya mengutamakan kepentingan umum di atas kepentingan pribadi sebagai wujud dari keimanannya kepada Tuhan YME. |