PEMETAAN SUB-ELEMEN PROFIL PELAJAR PANCASILA
| Dimensi | Elemen | Subelemen |
Bernalar kritis | Memperoleh dan memproses informasi dan gagasan | Mengajukan pertanyaan |
| Mengidentifikasi, mengklarifikasi, dan mengolah informasi dan gagasan | ||
| Menganalisis dan mengevaluasi penalaran dan prosedurnya | - | |
| Refleksi pemikiran dan proses berpikir | Merefleksi dan mengevaluasi pemikirannya sendiri | |
Lanjutan
| Subelemen | Di Akhir Fase D (Kelas VII - IX, usia 13-15 tahun) |
| Mengajukan pertanyaan | Mengajukan pertanyaan untuk klarifikasi dan interpretasi informasi, serta mencari tahu penyebab dan konsekuensi dari informasi tersebut. |
| Mengidentifikasi, mengklarifikasi, dan mengolah informasi dan gagasan | Mengidentifikasi, mengklarifikasi, dan menganalisis informasi yang relevan serta memprioritaskan beberapa gagasan tertentu. |
| - | Menalar dengan berbagai argumen dalam mengambil suatu simpulan atau keputusan. |
| Merefleksi dan mengevaluasi pemikirannya sendiri | Menjelaskan asumsi yang digunakan, menyadari kecenderungan dan konsekuensi bias pada pemikirannya, serta berusaha mempertimbangkan perspektif yang berbeda. |