PEMETAAN SUB-ELEMEN PROFIL PELAJAR PANCASILA
| Dimensi | Elemen | Subelemen |
Bergotong-royong | Kolaborasi | Kerja sama |
| Komunikasi untuk mencapai tujuan bersama | ||
| Saling-ketergantungan positif | ||
| Koordinasi sosial | ||
Kepedulian | Tanggap terhadap lingkungan sosial | |
| Persepsi sosial | ||
| Berbagi | ||
| Subelemen | Di Akhir Fase D (Kelas VII - IX, usia 13-15 tahun) |
| Kerja sama | Menyelaraskan tindakan sendiri dengan tindakan orang lain untuk melaksanakan kegiatan dan mencapai tujuan kelompok di lingkungan sekitar, serta memberi semangat kepada orang lain untuk bekerja efektif dan mencapai tujuan bersama. |
| Komunikasi untuk mencapai tujuan bersama | Memahami informasi, gagasan, emosi, keterampilan dan keprihatinan yang diungkapkan oleh orang lain menggunakan berbagai simbol dan media secara efektif, serta memanfaatkannya untuk meningkatkan kualitas hubungan interpersonal guna mencapai tujuan bersama. |
| Saling-ketergantungan positif | Mendemonstrasikan kegiatan kelompok yang menunjukkan bahwa anggota kelompok dengan kelebihan dan kekurangannya masing- masing perlu dan dapat saling membantu memenuhi kebutuhan. |
| Koordinasi sosial | Membagi peran dan menyelaraskan tindakan dalam kelompok serta menjaga tindakan agar selaras untuk mencapai tujuan bersama. |
| Tanggap terhadap lingkungan sosial | Tanggap terhadap lingkungan sosial sesuai dengan tuntutan peran sosialnya dan berkontribusi sesuai dengan kebutuhan masyarakat. |
| Persepsi sosial | Menggunakan pengetahuan tentang sebab dan alasan orang lain menampilkan reaksi tertentu untuk menentukan tindakan yang tepat agar orang lain menampilkan respon yang diharapkan. |
| Mengupayakan memberi hal yang dianggap penting dan berharga kepada masyarakat yang membutuhkan bantuan di sekitar tempat tinggal | |